Posted by : Fatur Suryo Pratama Selasa, 26 Agustus 2014

TUGAS MULOK

 Tentang Perakitan Komputer

by : Fatur Suryo P- XII IPA 2
BAB 5

Processor

      •Pengertian Processor
     
       Processor sering disebut sebagai otak dan pusat pengendali computer yang didukung oleh kompunen lainnya. Processor adalah sebuah IC yang mengontrol keseluruhan jalannya sebuah sistem komputer dan digunakan sebagai pusat atau otak dari komputer. Bagian terpenting dari processor terbagi 3 yaitu :
  1) Aritcmatics Logical Unit (ALU)
  2) Control Unit (CU)
  3) Memory Unit (MU)

      •Fungsi Processor

       Fungsi Processor dalam komponen komputer sangat penting sekali, karena processor merupakan pusat pengendali dan memproses kerja sebuah komputer. Processor sendiri pada umumya hanya berfungsi untuk untuk memproses data yang di terima dari masukan atau input, kemudian akan menghasilkan keluaran atau output.



Jenis-Jenis Processor

      Jenis-jenis processor saat ini beragam. Seperti yang kita ketahui saat ini jenis processor banyak berasal dari AMD dan Intel, tetapi tidak hanya itu saja. Berikut ulasan tentang jenis-jenis processor:

INTEL: merupakan salah satu processor terkenal dan memiliki kecepatan mulai dari 1,73 Ghz sam[ai dengan 3,8 Ghz tergantung jenisnya.

AMD: merupakan salah satu processor terkenal dan merupakan pesaing intel. Processor ini sangat cocok untuk gaming.

ARM:  processor ini lebih cocok digunakan pada perangkat elektronik seperti HP,music player,router,dll.

CYRIX: kecepetannya relatif stabil dibanding sejenisnya dan suhu yang rendah, namun kalah jika dibandingkan dengan intel dan AMD.


INTEL 

       Ada beberapa jenis intel yang terkenal saat ini:

Core i3

      Core i3 530 berjalan pada 2.93GHz dan tidak memiliki fitur turbo mode. Core i3 530 akan berjalan pada 1.33GHz pada frekuensi terendah, dan tidak lebih cepat daripada 2.93GHz pada full load.

Core i5

       Core i5 berjalan pada 2.13GHz, turun dari 2.40GHz. Kinerja yang harus terluka sedikit dibandingkan dengan simulasi Intel Core i3.

Intel Core i7

       Intel telah keluarkan Core terbarunya yakni Core i7 dengan chipset X58. Core i7 akan hadir dengan 3 rasa: Core i7-965 Extreme Edition, Core i7-940, dan Core i7-920. Semua processors tersebut hadir dengan 4 cores, Hyper-Threading, 8MB dengan L3 cache memory. Mereka dibuat dengan teknologi manufaktur 45nm. Semua processors tersebut akan berjalan di 1066MHz. Di seri 965 Extreme Edition (EE) akan berjalan pada kecepatan 3,2 GHz .Semu seri EE ini akan mudah untuk di overcloack. Arsitektur baru Intel ini dilengkapi soket LGA 1366.








 AMD


Ada beberapa jenis processor AMD yang terkenal saat ini:

AMD Sempron
  AMD Sempron memiliki kode nama Palermo yg sama seperti AMD Sempron soket A. Tetapi beberapa seri AMD Sempron fitur 64bit tidak diaktifkan sehingga hanya dapat mengeksekusi instruksi 32bit saja. 

AMD Opteron

  Prosesor ini 64 Bit yg dirilis untuk pasar workstation dan server pada tahun 2003. Kecepatannya dari 1400 MHz – 3000MHz, Memiliki 3 buah link Hyper Transport dengan kecepatan 3200 Mbit/s.

AMD Turion
 
  AMD Turion memiliki 64 bit dengan daya konsumsi rendah. AMD jenis ini mendapatkan nama sandi K8L. AMD Turion 64 dan AMD Turion 64 X2 Ultra bersaing keras dengan prosesor Intel.
 


ARM

      ARM adalah processor yang diperuntukkan untuk alat elektronik. Ada beberapa jenis dari perocessor arm, antara lain:

Qualcomm Snapdragon
Samsung Hummingbird
Nvidia Tegra

Qualcomm Snapdragon

        Selain digunakan untuk ponsel, Qualcomm Snapdragon juga bisa digunakan untuk Tablet PC. Sebagian besar CPU Snapdragon ini sudah mengadopsi arsitektur ARM diatas ARM 6, sehingga sudah kompatibel untuk menjalankan aplikasi berbasis Flash. Snapdragon ini menggunakan GPU (kartu grafis) terintegrasi bernama Adreno, yang menggunakan teknologi milik ATI (sebelumnya bernama Imageon). Bahkan, di tahun 2011, Qualcomm berencana merilis Snapdragon yang sudah menggunakan teknologi dual core




Samsung Hummingbird

        Hummingbird adalah prosesor yang dikembangkan bersama oleh Samsung dan Intrinsity, sebuah perusahaan yang pada April 2010 lalu sudah diakuisisi oleh Apple. Prosesor ini berkekuatan 1GHz dan sudah menggunakan arsitektur ARM 8. GPU Hummingbird juga menggunakan Power VR, yang sudah mendukung teknologi rendering OpenGL ES 1.1/2.0. Power VR sendiri disebut-sebut sebagai salah satu GPU terbaik untuk ponsel Android, sehingga apabila kamu menginginkan gadget Android dengan spesifikasi besar dan GPU yang tangguh, maka Galaxy S yang menggunakan Hummingbird ini adalah salah satu pilihan terbaik.



Nvidia Tegra
 

        Tegra bisa dianggap sebagai saingan berat dari Snapdragon karena sudah menggunakan prosesor dual core 1 GHz. Tegra juga sudah menggunakan arsitektur ARM 7 sehingga juga sudah bisa digunakan untuk menjalankan Flash. CPU ini menggunakan GPU yang dikembangkan oleh Nvidia sendiri, Ultra Low Voltage (ULV) GeForce, dan juga siap untuk menjadi penantang Adreno yang menggunakan teknologi dari Ati. Beberapa gadget yang sudah menggunakan Tegra ini antara lain Motorola Atrix, LG Optimus 2X, Motorola Droid Bionic, dan beberapa tablet PC lokal seperti Zyrex One Pad. Kini Tegra telah memasuki era quadcore (empat inti) lewat seri Tegra 3 yang sudah mulai dipasang di tablet mutakhir Asus Transformer Prime dan Smartphone HTC Edge.
 
 

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Welcome to My Blog

Popular Post

Blogger templates

Welcome To My Blog, don't forget to follow this blog
Fatur Suryo Pratama. Diberdayakan oleh Blogger.

Berita Nasional

Find Us On Facebook

You can replace this text by going to "Layout" and then "Page Elements" section. Edit " About "

Buku Tamu

Featured Video

Gabung Nyuk...!

Video Of Day

About Me

Foto Saya
Fatur Suryo Pratama
i like number 13 :)
Lihat profil lengkapku

Pengikut

Powered By Blogger

Milanisti Indonesia

Milanisti Indonesia

Translate

Sponsor

Flickr Images

Blogger templates

free counters

ojel88

- Copyright © FaturSP -Robotic Notes- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -