Posted by : Fatur Suryo Pratama Sabtu, 23 Agustus 2014

TUGAS MULOK

 Tentang Perakitan Komputer

by : Fatur Suryo P- XII IPA 2
BAB 1

Harddisk

        •Pengertian Harddisk
               Harddisk adalah piranti penyimpanan sekunder dimana data disimpan sebagai pulsa magnetik pada piringan metal yang berputar yang terintegrasi.
         •Fungsi Harddisk 

               Sebagai tempat penyimpanan data dan tempat untuk menginstal perangkat lunak (software) yang terdiri dari perangkat lunak sistem operasi dan perangkat lunak program aplikasi. Agar leluasa menginstal perangkat lunak, disarankan menggunakan setidaknya harddisk dengan kapasitas 10 GB.

Jenis- Jenis Harddisk

Jenis-jenis harddisk saat ini ada bermacam-macam, baik berdasarkan jenis antarmukanya, tingkat kecepatan transfer data, serta kapasitas penyimpanan data. Berdasarkan jenis antarmukanya (interface), jenis harddisk terbagi menjadi :

       •ATA (IDE, EIDE): Harddisk tipe IDE (integrated device electronics) ini menggunakan port IDE dan mempunyai strandar kecepatan transfer data sebesar 133 MB per detiknya.

       •Serial ATA (SATA): Harddisk tipe SATA (serial advanced technology attachment) menggunakan port SATA. Harddisk tipe ini mempunyai standar kecepatan transfer data sebesar 150 MB per detiknya.

       •SCSI (Small Computer System Interface): Harddisk tipe SCSI (small computer system interface), pada tipe harddisk ini ada penambahan kartu untuk controller pengolah data, yaitu kartu controller data SCSI sebagai external controller yang ditanamkan pada slot bus PCI/ISA. Tempatnya terpisah dengan controller penggerak SCSI.

       Harddisk dengan tipe USB atau external harddisk.

ATA (IDE, EIDE)

        AT Attachment (ATA) adalah antarmuka standar untuk menghu­bungkan peranti penyimpanan seperti hard disk, drive CD-ROM, atau DVD-ROM di komputer.

        ATA singkatan dari Advance Technology Attachment. Standar ATA dikelola oleh komite yang bernama X3/INCITS T13. ATA juga memiliki beberapa nama lain, seperti IDE dan ATAPI. Karena diperkenalkannya versi terbaru dari ATA yang bernama Serial ATA, versi ATA ini kemudian dinamai Parallel ATA (PATA) untuk membedakannya dengan versi Serial ATA yang baru.
         Parallel ATA hanya memungkinkan panjang kabel maksimal hanya 18 inchi (46 cm) walaupun banyak juga produk yang tersedia di pasaran yang memiliki panjang hingga 36 inchi (91 cm). Karena jaraknya pendek, PATA hanya cocok digunakan di dalam komputer saja. PATA sangat murah dan lazim ditemui di komputer.

Serial ATA (SATA)
       SATA adalah pengembangan dari ATA. SATA didefinisikan sebagai teknologi yang didesain untuk menggantikan ATA secara total. Adapter dari serial ATA mampu mengakomodasi transfer data dengan kecepatan yang lebih tinggi dibandingkan dengan ATA sederhana.

Beberapa fitur SATA adalah:

       •SATA menggunakan line 4 sinyal yang memungkinkan kabel yang lebih ringkas dan murah dibandingkan dengan PATA.

       •SATA mengakomodasi fitur baru seperti hot-swapping dan native command queuing.
                Drive SATA bisa ditancapkan ke kontroler Serial Attached SCSI (SAS) sehingga bisa berkomunikasi dengan kabel fisik yang sama seperti disk asli SAS, namun disk SAS tidak bisa ditancapkan ke kontroler SATA.

SCSI (Small Computer System Interface)
        SCSI (Small Computer System Interface) dibaca “skasi” adalah standar yang dibuat untuk keperluan transfer data antara komputer dan periferal lainnya. Standar SCSI mendefinisikan perintah-perintah, protokol dan antarmuka elektrik dan optik yang diperlukan. SCSI menawarkan kecepatan transfer data yang paling tinggi di antara standar yang lainnya.

        Penggunaan SCSI paling banyak terdapat di hard disk dan tape drive. Namun, SCSI juga terdapat pada scanner, printer, dan peranti optik (DVD, CD, dan lainnya). Standar SCSI digolongkan sebagai standar yang device independent sehingga secara teoritis SCSI bisa dite­rapkan di semua tipe hardware.

        Berdasarkan tingkat kecepatan putarannya, hard disk jenis IDE memiliki kecepatan putaran 5.400 rpm dan 7.200 rpm. Sedangkan hard disk SCSI mampu berputar antara 10.000 s.d. 12.000 rpm.



External Harddisk
                Hardisk eksternal adalah sebuah media penyimpanan portable yang berkapasitas besar, sehingga bisa digunakan kapan saja dengan mencolokan kabel USB ke laptop atau PC.

 

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Welcome to My Blog

Popular Post

Blogger templates

Welcome To My Blog, don't forget to follow this blog
Fatur Suryo Pratama. Diberdayakan oleh Blogger.

Berita Nasional

Find Us On Facebook

You can replace this text by going to "Layout" and then "Page Elements" section. Edit " About "

Buku Tamu

Featured Video

Gabung Nyuk...!

Video Of Day

About Me

Foto Saya
Fatur Suryo Pratama
i like number 13 :)
Lihat profil lengkapku

Pengikut

Powered By Blogger

Milanisti Indonesia

Milanisti Indonesia

Translate

Sponsor

Flickr Images

Blogger templates

free counters

ojel88

- Copyright © FaturSP -Robotic Notes- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -